Cara Memelihara Tanaman di Dalam Apartemen

Apartemen identik dengan hunian yang memiliki lahan terbatas. Meskipun saat ini sudah banyak apartemen modern yang luas, namun selama ini orang masih kesulitan untuk memelihara tanaman di dalamnya agar tumbuh subur.

Pastinya akan kurang nyaman bagi Urbaners yang senang dengan suasana hijau tumbuh-tumbuhan.Keberadaan tanaman membuat udara di apartemen menjadi lebih bersih serta menghilangkan kesan sumpek.Sayangnya, kebanyakan apartemen memiliki ventilasi yang buruk dan minimnya ruang kosong. Itulah sebabnya Fatmawati City Center menghadirkan konsep Apartemen mewah bernuansa Resort dengan total lahan terbuka hijau 40%, namun mereka yang tinggal di apartemen menghindari merawat tanaman hijau di huniannya. Padahal, memiliki minimal satu tanaman di hunian sangat baik karena dapat memurnikan udara yang kotor dan mencerahkan tampilan hunian.Memelihara tanaman di apartemen bisa menjadi tantangan, sebab tanaman itu membutuhkan sinar matahari yang cukup, sedangkan di apartemen sulit sekali untuk mendapatkan hal tersebut.Jika apartemen anda tidak memiliki serambi atau balkon, solusinya tempatkan tanaman di dekat jendela yang terbuka. Alternatif lain, gunakan pemanas atau alat hangat untuk menjaga tanaman tetap hidup.Kali ini, Fatmawati City Center menyarankan beberapa tips berkebun terbaik untuk memelihara tanaman di apartemen tetap tumbuh subur.

Sebelum Memelihara Tanaman, Pilih Dulu Jenis yang Tepat

Pertama dan terpenting, pilih jenis tanaman yang tepat seperti Lidah buaya, dan African violets adalah beberapa tanaman apartemen terbaik yang bisa bertahan lama saat disimpan di dalam sebuah apartemen. Ini juga tanaman yang indah yang tidak butuh banyak sinar matahari.

Tempatkan di Jendela Terbuka

Tempatkan tanaman di dekat jendela terbuka. Dengan cara ini, tanaman dapat menyerap karbon dioksida yang ada di udara dan menerima sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Pastikan bahwa tanaman disiram dengan baik sebelum ditempatkan di bawah sinar matahari.

Air Tak Berlebihan

Memang penting untuk menyirami tanaman di dalam apartemen secara rutin. Namun, juga penting untuk tidak menyirami dengan berlebihan. Karena kesalahan konyol ini bisa membuat tanaman tenggelan dan akhirnya mati. Pasalnya, ada beberapa tanaman indoor yang tidak membutuhkan terlalu banyak air.

Manfaatkan Cahaya Buatan

Selain ditempatkan di dekat jendela, Urbaners juga bisa manfaatkan cahaya buatan. Hanya, pastikan bahwa apartemen kamu memiliki cahaya buatan. Tanaman membutuhkan semacam kehangatan untuk pertumbuhan dan untuk mempertahankan hidupnya.

Gunakan Media Tanam Hidroponik

Kalau kamu tetap bersikeras memelihara tanaman berdaun di dalam apartemen, sebaiknya kamu melirik jenis media tanam hidroponik. Beberapa tanaman yang bisa menggunakan media tanam ini adalah snake plant atau lidah mertua, aglonema atau sri rejeki, sirih gading, lidah buaya, dan palem-paleman. Snake plant atau lidah mertua punya manfaat menyerap racun di udara, aglonema atau sri rejeki tahan di ruanga ber-AC, sedangkan palem-paleman dan dragon tree memberikan efek rimbun pada apartemen yang sumpek.



Leave a Reply